64 Peneliti Berpartisipasi Dalam Seminar Proposal Penelitian SBK IAIN Ponorogo Tahun 2024

Kamis, 1 Februari 2024, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo menyelenggarakan Seminar Proposal (Sempro) Penelitian SBK IAIN Ponorogo tahun anggaran 2024. Meskipun diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para peneliti peserta Sempro. Para peneliti yang telah lulus seleksi tahap administrasi tersebut terlihat bersemangat mempresentasikan proposal penelitiannya di hadapan para reviewer.

Sempro dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh Prof. Dr. Evi Muafiah, M.Ag. Melalui sambutannya, Prof Evi Muafiah memberikan semangat dan apresiasi kepada para peneliti yang telah konsisten melakukan penelitian dari tahun ke tahun sebagai bentuk komitmen terhadap Tridharma Perguruan Tinggi. “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para peneliti yang selalu semangat melakukan penelitian. Dan selalu antusias mengikuti Program Bantuan Penelitian IAIN Ponorogo,” ucap Prof. Evi Muafiah yang selalu meluangkan waktu untuk membuka kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan LPPM IAIN Ponorogo di tengah kesibukannya yang padat. “Mudah-mudahan para peneliti tetap konsisten melakukan penelitian, dan harapan saya semoga selalu meningkat kualitas penelitiannya,” pungkas Rektor IAIN Ponorogo tersebut.

Pada sambutan yang lain, Dr. Ahmadi, M.Ag. menyampaikan ucapan selamat kepada para peneliti yang telah lulus tahap seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap berikutnya, yakni Seminar Proposal. “Selamat atas pencapaiannya, mudah-mudahan para peneliti terus semangat mengikuti tahap demi tahap yang akan diselengggarakan selanjutnya,” ujar Ketua LPPM IAIN Ponorogo itu. Dr. Ahmadi juga melaporkan bahwa tahun 2024 ini terdapat 71 proposal penelitian yang mendaftar. Setelah dilakukan seleksi administrasi dan uji similarity didapatkan 64 judul penelitian yang berhak mengikuti tahap seminar proposal. “Banyaknya proposal yang masuk, meskipun dengan batas waktu yang terbilang tidak lama, menunjukkan tingginya semangat para peneliti di lingkungan IAIN Ponorogo,” ujar Pria yang juga aktif menulis dan meneliti itu.

Sempro sendiri dibagi ke dalam tujuh kelompok peneliti berdasarkan tema penelitian. Masing-masing kelompok tema penelitian dihadiri dua reviewer yang berkompeten di bidangnya. Para peneliti diberi waktu 5-10 menit untuk memaparkan porposal penelitiannya untuk kemudian diberi saran dan kritik oleh para reviewer. Hasil seminar proposal, yang juga merupakan momen penentuan kelulusan judul penelitian yang dibantu pendanaannya, akan diumumkan beberapa waktu ke depan oleh LPPM IAIN Ponorogo.

(RA/ Tim LPPM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *