Menyongsong Tahun Toleransi 2022: IAIN Ponorogo Menandatangani Kerja Sama KKN Moderasi Beragama dengan STABN Raden Wijaya Wonogiri

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu program kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya KKN berbasis moderasi beragama, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sukses menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri. Penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan pada tanggal 31 Maret tahun 2022 di ruang sidang gedung rektorat lantai 3 IAIN Ponorogo. Penandatanganan kerja sama ini didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag, dengan Ketua STABN Raden Wijaya Wonogiri, Prof. Dr. Hesti Setyadi, M.Si, dan di hari berikutnya dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara LPPM IAIN Ponorogo dengan UP2M STABN Raden Wijaya Wonogiri. Penandatanganan kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan kerja LPPM IAIN Ponorogo ke UP2M STABN Raden Wijaya Wonogiri yang diinisiasi oleh kepala pusat pengabdian masyarakat, Arif Rahman Hakim, M.Pd,  pada pertengahan Januari yang lalu.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., menyambut gembira atas terwujudnya kesepatakan kerja sama ini, lebih lanjut dalam sambutanya, beliau menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari usaha inovatif kedua lembaga pendidikan tinggi keagamaan dalam menjaga iklim moderasi untuk meningkatkan kualitas pengamalan tridharma perguruan tinggi khususnya dalam bidang pengabdian. Sementara Ketua STABN Raden Wijaya Wonogiri, Prof. Dr. Hesti Setyadi, S.E., M.Si, dalam sambutanya juga menegaskan bahwa selain kegiatan KKN moderasi beragama, ada banyak kesempatan dan peluang yang bisa diambil untuk semakin memperkuat kerja sama ini, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang penelitian. Beliau berharap semoga penanda tanganan kerja sama ini akan memberi spirit dan inovasi baru bagi pengembangan kedua lembaga pendidikan tinggi ini dalam bingkai moderasi keberagamaan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia masa kini dan masa yang akan datang.

Sebagai kegiatan awal dari kerja sama di tahun pertama ini, IAIN Ponorogo dan STABN Raden Wijaya akan menjalin kerja sama dalam kegiatan KKN Moderasi Beragama dan Peningkatan kapasitas dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Acara penandatanganan kerja sama ini kemudian diakahir dengan agenda ramah tamah dan campus tuor ke beberapa Gedung Kampus 2 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dengan sahnya jalinan kerja sama, semoga kedua lembaga pendidikan tinggi keagamaan ini mampu meningkatkan kualitas pengamalan tri dharma perguruan tinggi yang telah dicanangkan khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Reporter: LPPM Official Media Center

Salam Literasi-Moderasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.