Jelang Akhir tahun 2021, PSGA LPPM IAIN Sukses me-launching Peraturan Rektor No.1/2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di IAIN Ponorogo.

 


Demi menciptakan iklim akademik yang bebas dari kekerasan seksual, PSGA LPPM IAIN sukses mengadakan kegiatan
launching Peraturan Rektor tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di IAIN Ponorogo pada Rabu, 15 Desember 2021.

Acara ini adalah hasil kerja yang cukup lama yang dimotori oleh Ketua PSGA LPPM IAIN Ponorogo, Isnatin Ulfah M.H.I, bersama tim yang terlibat: dari tim perumus hingga tim Gender Focal Point. Dengan menggunakan media Zoom, acara ini dihadiri sekitar 200 lebih yang terdiri dari tamu undangan dan peserta aktif terutama dari sivitas akademika IAIN Ponorogo. 

Dalam sambutannya, ketua LPPM, Dr. Ahmadi, M.Ag, menyambut gembira atas terlaksananya kegiatan ini. “Ini adalah awal yang baik untuk IAIN karena kita tahu bahwa kasus kekerasan seksual selalu menunjukkan peningkatan. Oleh karena ini, payung hukum ini penting untuk menjadi antisipasi,” paparnya.

Sambutan kemudian dilanjutkan dari Dirjen Kementerian Agama, Prof. Ali Ramdhani. Beliau menilai bahwa kampus merupakan garda depan untuk menciptakan iklim pendidikan yang responsif gender dan mengawal pencegahan terjadinya kekerasan atas nama apapun, “meminjam ungkapan bangnapi: kejahatan bukan hanya karena ada niat, namun juga ada kesempatan. Jadi, peraturan ini merupakan media pencegahan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor IAIN Ponorogo yang mana sepakat bahwa segala bentuk kekerasan dalam bentuk apapun harus dihapuskan karena akan menciderai kemanusiaan itu sendiri. “Saya berharap, dengan terbitnya peraturan Rektor tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di IAIN Ponorogo ini menjadikan iklim akademik di kampus kita tercinta ini menjadi aman dan nyaman” tandasnya.

Beberapa ucapan selamat, juga apresiasi, selain khusus dari Kementerian Agama RI, juga banyak disampaikan dari kalangan akademisi dan praktisi, khususnya dari lingkungan PTKIN di Indonesia: Rektor UIN Jakarta, IAIN Metro Lampung, IAIN Papua, hingga perwakilan Dema IAIN Ponorogo. Dari semua testimoni, semua pihak menyambut baik dan berharap suksesnya acara ini menjadikan IAIN Ponorogo, khususnya PSGA LPPM, selalu aktif merespons perkembangan dan pengarusutamaan gender terkini.
LINK DOWNLOAD PERATURAN REKTOR NO.1/2021 tentang PPKS: Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2021
Salam Literasi-Moderasi, Salam PSGA LPPM IAINPO
Reporter: Khaidar

Leave a Reply

Your email address will not be published.